foto by : mada

Analgesik ialah istilah yang digunakan untuk mewakili sekelompok obat yang digunakan sebagai penahan sakit. Obat analgesik termasuk obat antiradang non-steroid (NSAID) seperti salisilat, obat narkotika seperti morfin dan obat sintesis bersifat narkotik seperti tramadol.

Analgesik seringkali digunakan secara gabungan serentak, misalnya bersama parasetamol dan kodein dijumpai di dalam obat penahan sakit (tanpa resep).

Tidak ada yang menyangka jika kopi yang biasa kita konsumsi bisa juga dimanfaatkan sebagai obat analgesic alami. Tepatnya kafein yang terdapat dalam kopi ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat nyeri atau obat analgesik alami.

baca juga : kafein sebagai insektisida ramah lingkungan

Para ilmuan perpendapat bahwa kemampuan kafein sebagai analgesik terwujud melalui tiga mekanisme sebagai berikut :

Menghambat kerja andenosin. Kafein mengganggu fungsi neuron transmiter yang bertanggung jawab membawa sinyal-sinyal nyeri bagian tubuh tertentu ke otak ( sebagai contoh, kafein mencegah andenosin mengahiri kerja sistem saraf dan menghambat kemampuannya dalam menimbulkan rasa nyeri) .

Mengaktifkan jalur noragrenergik (adrenalin) pusat yang menekan nyeri endogen, sehingga menstimulasi mekanisme penurunan intensitas nyeri dalam tubuh.

Menstimulasi sistim saraf pusat. Efek kafein mengubah jalannya proses sinyal nyeri dengan mekanisme yang meredakan rasa nyeri.

Sumber : id.wikipedia.org & Miracle Of Coffe by : Bernnet Alan Weidenberg & Bonnie K.Bealer

By : Mada

Pastikan Anda Sudah Mengunduh Aplikasi cepamagz.com yang sudah tersedia di IOS dan Android

cepamagzcepamagz