group on bicycles, sumber : www.jejeblog.net

Stroke adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia (berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya haemorrhage (pendarahan). ( Wikipedia stroke )

Stroke iskemik yang biasanya disebabkan oleh diabetes menjadi mayoritas pada penderita stroke dan bisa mencapai 85 persen, sedangkan stroke pendarahan hanya 15 persen, tetapi stroke pendarahan dapat menyebabkan kematian pada 40 persen pasiennya.

Yang perlu diperhatikan juga adalah stroke iskemik ringan yang gejalanya mirip stroke, tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam (transient ischemic attacks (TIA)).

Hal ini terjadi karena penyumbatan pembuluh darah hanya terjadi sementara. Tetapi bagaimanapun, jika hal ini terjadi, maka kemungkinan terjadinya stroke berikutnya yang lebih berat dapat terjadi.

Penyakit stroke, tidak hanya menyerang seseorang denga usia lanjut saja sekrang ini. Kasus stroke pada umur 30-40 tahun juga sering terjadi, untuk itu berikut adalah 4 tips untuk mencegah stroke yang melansir dari jpnn.com.

  1. Meningkatkan asupan buah dan sayuran.

Menurut analisis, makan lebih banyak buah dan sayuran telah dikaitkan dengan mengurangi risiko stroke. Analisis ini melibatkan 20 studi yang berbeda yang mengumpulkan data pada 700 ribu orang.

Artikel tersebut menyebutkan, untuk setiap 200 gram buah yang dimakan dalam sehari, risiko stroke menurun sebesar 32 persen.

Sedangkan untuk setiap 200 gram sayuran, mengalami penurunan sebesar 11 persen. Temuan ini konsisten bagi pria dan wanita dari berbagai usia.

LEAVE A REPLY