Tuberkulosis (TB) adalah infeksi bakteri dan umum ditemui di seluruh dunia. TB merupakan penyakit berbahaya, bahkan mematikan, namun dapat disembuhkan dengan pengobatan yang teratur.

TB disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menginfeksi bagian tubuh manapun, tapi umumnya banyak menyerang paru-paru.

tuberculosis

Apakah gejala  TB?

Kebanyakan penderita TB tidak mengalami gejala. Ini disebut dengan “TB laten”. Jika muncul gejala pada penderita TB, maka disebut “TB aktif”.

Umumnya gejala TB termasuk:

  • Batuk (kadang disertai darah)
  • Lemas
  • Berat badan berkurang
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari

Bagaimana TB ditularkan?

TB ditularkan melalui udara, namun tidak semudah penularan pilek atau flu. Penderita TB aktif dapat menularkan penyakitnya melalui cairan yang dikeluarkan saat batuk, bersin maupun berbicara.

Orang yang sehat biasa tertular TB jika terpapar dalam waktu yang lama dengan penderita di ruangan yang tertutup. Oleh karena itu, keluarga, teman dekat, dan petugas kesehatan berisiko tinggi tertular TB. Orang dengan sistem imun yang rendah (misalnya penderita HIV) dan mereka yang tinggal di negara dengan tingkat TB tinggi, juga berisiko tertular TB.

Penyakit ini tidak menular melalui kontak biasa seperti menjabat tangan.

Tuberkulosis dan HIV

TB merupakan penyebab utama kematian pada pasien HIV. HIV dan TBC merupakan kombinasi yang mematikan. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh, dan pengidap HIV lebih mudah terinfeksi TB aktif.

Pengobatan

TB dapat disembuhkan dengan antibiotik yang harus dihabiskan walaupun penderita sudah merasa sembuh. Masalah timbul dengan munculnya TB yang kebal terhadap obat. Hal ini disebabkan pengobatan TB yang salah atau tidak lengkap. Bakteri yang kebal obat ini sulit untuk disembuhkan dan memakan banyak biaya.

Bagaimana cara menghentikan TB?

Diagnosa dan pengobatan dini merupakan kunci untuk mencegah penularan TB. Kenali gejalanya dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumahsakit. Ajak orang-orang terdekat untuk melakukan hal yang sama. Pastikan (bagi penderita)  untuk mengkonsumsi obat secara  teratur dan sampai obat habis.

dr David Winowatan
Dr. David Winowatan

WWW.CEPAMAGZ.COM